Skip to main content

Tugas 1 Rekayasa Kebutuhan

 


Dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini membuat banyak perubahan yang terjadi di kehidupan masyarakat. Kemudahan transaksi menjadi salah satunya. Terlebih lagi dengan adanya Pandemi Covid - 19 yang membuat segala interaksi dibatasi. Hal tersebut membuat segala aktivitas yang dilakukan harus membatasi jarak dan interaksi antar manusia. Pada zaman sekarang, banyaknya marketplace yang sudah menggunakan e - wallet itu juga dapat disebutkan sebagai kemajuan teknologi yang terdapat pada jenis kegiatan transaksi di dalam kehidupan sehari hari. Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan salah satu aktivitas transaksi yang tidak luput dari kebiasaan masyarakat selama seminggu yaitu parkir. Apalagi pada zaman pandemi seperti ini, banyak sekali inovasi yang berkaitan dengan parkir dan segala jenis kegiatan yang sejenis. salah satunya adalah E-Parkir atau yang bisa disebut juga dengan Elektronik Parkir. 


1. Definisi E-Parkir dan Perbedaannya dengan Parkir pada Umumnya

Parkir sendiri merupakan salah satu jenis kegiatan yang biasa dilakukan oleh masyarakat untuk menempatkan kendaraan bermotornya ke tempat yang sudah disediakan. Perbedaan e-parkir dengan parkir pada umumnya biasanya terletak di bentuk transaksi antara masyarakat yang menyewa parkir dan pihak yang menyediakan tempat untuk parkir, biasanya parkir normal untuk transaksinya menggunakan uang tunai pada umumnya atau dapat menggunakan e-money, yaitu sebuah kartu yang dapat diisi saldonya, umumnya untuk model parkir pada umumnya di portal atau gerbang terdapat petugas yang menjaga dan membantu pengguna untuk melakukan pembayaran. Namun, jika e parkir, pembayarannya dilakukan secara otomatis dengan memindai barkode yang sudah disediakan oleh penyedia jasa parkir di kertas tiket masuk sebuah instansi dan melakukan pembayaran dengan aplikasi yang sudah bekerja sama dengan instansi yang menyediakan parkir dan pembayarannya dilakukan tanpa bantuan petugas dan portalnya sudah otomatis. Dengan begitu, interaksi antara masyarakat bisa sedikit dibatasi. 

2. Mengidentifikasi User dan Stakeholder

Dalam sistem parkir seperti ini, pengguna untuk sistem e - parkir biasanya yaitu pengguna parkir yaitu masyarakat yang membutuhkan tempat untuk memarkir kendaraannya dan admin yang mengawasi keluar masuknya dana yang dibayar oleh pengguna. Sedangkan untuk stakeholder sendiri yaitu si penyedia parkir

3. Kebutuhan dari masing masing User dan Stakeholder

Untuk kebutuhan User dan Stakeholder dapat saya rangkum seperti dibawah ini

    Pengguna(User): 

    -Mendapatkan karcis parkir

    -Mendapatkan parkir yang tersedia

    -Melihat tarif biaya parkir yang harus dibayar

    -Melakukan pembayaran parkir menggunakan cashless payment


    Admin (User): 

    -Mengelola laporan pendapatan 

    -Mengelola data dan statistik penggunaan parkir

    -Mengakses sistem informasi parkir

    -Mengoperasikan sistem yang otomatis apabila terdapat masalah


    Pemilik lahan parkir (Stakeholder): 

    -Mendapatkan laporan data pengelolaan parkir 

    -Mendapatkan laporan pendapatan dari transaksi parkir 


4. Aspek lain yang penting supaya aplikasi berjalan lancar

     -Perangkat keras dari sistem (hardware)

     -Kesiapan SDM pengelola dari sistem

     -Kamera sensor dan pengawas pada pintu gerbang parkir

     -Sensor pada tempat parkir

     -CCTV keamanan pada areka parkir

     -Koneksi untuk integrasi antara sofware dengan hardware


Comments

Popular posts from this blog

Tugas 1 Manajemen Proyek Perangkat Lunak

 Haloo.. Pada kesempatan kali ini saya akan mendaftar disalah satu akun freelance yang berguna untuk mencari informasi terkait dengan proyek - proyek yang akan dilaksanakan. Step pertama yang harus dilakukan adalah masuk website project.co.id sebagai penyedia lowongan pekerjaan bagi para freelance untuk mendapatkan pekerjaan sementara.  Lalu setelah saya mencari detail proyekan yang tersedia di project.co.id, saya memilih proyek fullstack yang hampir memenuhi kriteria skill yang saya miliki Skill yang dibutuhkan: 1. HTML, CSS, JS (Bisa) 2. PHP, Laravel, CI (Belum menguasai CI) 3. MYSQL (Bisa) 4. Github (Bisa) Sekian pemaparan untuk tugas MPPL saya, terima kasih atas perhatiannya  

Penugasan 2 Pemrograman Berbasis Objek

  Assalamualaikum Wr. Wb.  Setelah pada pertemuan sebelumnya ditayangkan review penggunaan smart TV mulai dari cara instalasi dan cara penggunaannya, berikut ini, saya akan menjabarkan hasil tugas saya, yaitu membuat abtraksi dan modularisasi aplikasi sederhana yang support dengan smart TV.  Aplikasi yang akan saya jabarkan adalah sebuah aplikasi yang ditargetkan untuk para pencinta sepakbola agar dapat menonton setiap tayangan sepak bola dengan lebih mudah yaitu aplikasi streaming khusus sepakbola. Saya mempunyai ide untuk membuat ini karena kebanyakan dari streaming sepakbola terbagi menjadi dua kubu sesuai dengan kerjasama liga dan layanan streaming berbayarnya. Bila ada yang menyatu, streaming sepakbola pasti menjadi satu dengan acara tv yang lain yang pasti akan sangat sulit untuk mengetahui tim kesayangan anda bertanding atau tidak. 1. Abstraksi  Pada bagian ini saya membuat desain sederhana untuk bagian halaman utama pada aplikasi, Terdapat navigation bar yang...

Penugasan 1 Pemrograman Berbasis Objek

 Assalamualaikum Wr. Wb.  Berikut merupakan hasil dari tugas pemrograman dari Buku "Java How to Program" dan tugas yang bapak berikan yang source code dan hasilnya akan saya tampilkan seperti berikut.  Buku "Java How to Program" 8.1. Introduction Pada bab pertama ini saya akan menampilkan sebuah fungsi yang akan mendeklarasikan class waktu tanpa adanya output dengan penjelasan sebagai berikut  8.2. Time Class Case Study Pada poin kedua ini saya akan menampilkan sebuah fungsi yang akan melaksanakan fungsi yang sudah di deklarasikan pada bab 8.1 beserta penjelasannya sebagai berikut Outputnya: 8.3. Controlling Access to Members Pada poin ketiga ini saya akan mencoba mengkoreksi apakah variable private dari suatu class dapat digunakan diluar classnya dan berikut akan saya jelaskan mengapa tidak bisa 8.4.Referring to the Current Object's members with the this Reference Pada poin keempat ini saya akan membuat fungsi yang lebih sederhana yang berfungsi mencetak berbag...