Skip to main content

ETS Rekayasa Kebutuhan

 Soal dan Jawaban Evaluasi Rekayasa Kebutuhan


  1. Jelaskan macam-macam kebutuhan yang harus digali di dalam membuat perangkat lunak
  2. Sesuai gambaran video buatlah BRD Pegadaian Digital
  3. Buatlah video youtube untuk mempresentasikan jawaban anda
  4. Jawaban ditulis disertai embedded video youtube di blog masing-masing dan buat koment pada posting berikut 
Jawab:
1. Functional Requirement adalah penjelasan tentang layanan yang perlu disediakan oleh sistem, bagaimana sistem menerima dan mengolah masukan, dan bagaimana sistem mengatasi situasi-situasi tertentu. Selain itu juga secara jelas menentukan pengecualian tanggung jawab dikerjakan oleh sistem.

Sementara Non-Functional Requirement berisi batasan-batasan pada pelayanan atau fungsi yang disediakan oleh sistem. Termasuk di dalamnya adalah batasan waktu, batasan proses pembangunan, standar-standar tertentu. Karena berkaitan dengan kebutuhan sistem secara keseluruhan, maka kegagalan memenuhi kebutuhan jenis ini berakibat pada sistem secara keseluruhan. Contoh kebutuhan jenis ini adalah kecepatan akses, keamanan data, besarnya kapasitas penyimpanan yang diperlukan, privasi masing-masing profil/account, bahasa pemrograman yang digunakan, sistem operasi yang digunakan.

2. Untuk BRD Pegadaian digital bisa dilihat dibawah ini


3 Untuk videonya akan ada dibawah ini


Comments

Popular posts from this blog

Tugas 1 Manajemen Proyek Perangkat Lunak

 Haloo.. Pada kesempatan kali ini saya akan mendaftar disalah satu akun freelance yang berguna untuk mencari informasi terkait dengan proyek - proyek yang akan dilaksanakan. Step pertama yang harus dilakukan adalah masuk website project.co.id sebagai penyedia lowongan pekerjaan bagi para freelance untuk mendapatkan pekerjaan sementara.  Lalu setelah saya mencari detail proyekan yang tersedia di project.co.id, saya memilih proyek fullstack yang hampir memenuhi kriteria skill yang saya miliki Skill yang dibutuhkan: 1. HTML, CSS, JS (Bisa) 2. PHP, Laravel, CI (Belum menguasai CI) 3. MYSQL (Bisa) 4. Github (Bisa) Sekian pemaparan untuk tugas MPPL saya, terima kasih atas perhatiannya  

Penugasan 2 Pemrograman Berbasis Objek

  Assalamualaikum Wr. Wb.  Setelah pada pertemuan sebelumnya ditayangkan review penggunaan smart TV mulai dari cara instalasi dan cara penggunaannya, berikut ini, saya akan menjabarkan hasil tugas saya, yaitu membuat abtraksi dan modularisasi aplikasi sederhana yang support dengan smart TV.  Aplikasi yang akan saya jabarkan adalah sebuah aplikasi yang ditargetkan untuk para pencinta sepakbola agar dapat menonton setiap tayangan sepak bola dengan lebih mudah yaitu aplikasi streaming khusus sepakbola. Saya mempunyai ide untuk membuat ini karena kebanyakan dari streaming sepakbola terbagi menjadi dua kubu sesuai dengan kerjasama liga dan layanan streaming berbayarnya. Bila ada yang menyatu, streaming sepakbola pasti menjadi satu dengan acara tv yang lain yang pasti akan sangat sulit untuk mengetahui tim kesayangan anda bertanding atau tidak. 1. Abstraksi  Pada bagian ini saya membuat desain sederhana untuk bagian halaman utama pada aplikasi, Terdapat navigation bar yang...

Penugasan 1 Pemrograman Berbasis Objek

 Assalamualaikum Wr. Wb.  Berikut merupakan hasil dari tugas pemrograman dari Buku "Java How to Program" dan tugas yang bapak berikan yang source code dan hasilnya akan saya tampilkan seperti berikut.  Buku "Java How to Program" 8.1. Introduction Pada bab pertama ini saya akan menampilkan sebuah fungsi yang akan mendeklarasikan class waktu tanpa adanya output dengan penjelasan sebagai berikut  8.2. Time Class Case Study Pada poin kedua ini saya akan menampilkan sebuah fungsi yang akan melaksanakan fungsi yang sudah di deklarasikan pada bab 8.1 beserta penjelasannya sebagai berikut Outputnya: 8.3. Controlling Access to Members Pada poin ketiga ini saya akan mencoba mengkoreksi apakah variable private dari suatu class dapat digunakan diluar classnya dan berikut akan saya jelaskan mengapa tidak bisa 8.4.Referring to the Current Object's members with the this Reference Pada poin keempat ini saya akan membuat fungsi yang lebih sederhana yang berfungsi mencetak berbag...