Skip to main content

Tugas 2 Manajemen Proyek Perangkat Lunak

 Pada kesempatan kali ini, saya sendiri akan menjelaskan analisa kebutuhan dari sebuah aplikasi yang berguna dapat membantu anda untuk memudahkan penjualan dan proses operasional usaha, aplikasi ini bernama MokaPOS. Aplikasi ini banyak digunakan oleh pelaku usaha terutama pelaku usaha kecil dan menengah untuk membantu memperlancar usahanya.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, disini saya akan mengidentifikasi hal hal yang dibutuhkan untuk menganalisa kebutuhan dari aplikasi MokaPOS itu sendiri, diantara lain yaitu:


1. Identification of Problem

Hal pertama yang dilakukan yaitu mengidentifikasi sebuah masalah yang biasa hadi di masyarakat terlebih dahulu, dari permasalahan ini kita akan tau seberapa dibutuhkannya aplikasi MokaPOS   sehingga nantinya aplikasi dapat diterima dan digunakan oleh masrakat, permasalahan yang bisa saja dihadapi oleh pelaku usaha sehingga mereka membutuhkan MokaPOS adalah:

  • Kondisi pandemi yang memaksa pelaku usaha melakukan usahanya secara tidak langsung
  • Tidak adanya aplikasi yang berfungsi untuk mengatur alur keuangan para pelaku usaha yang berintegrasi langsung dengan usahanya yang kemungkinan dilakukan online karena kondisi saat ini
  • Pembelian mesin kasir yang membutuhkan biaya yang tidak kecil, berbeda dengan aplikasi karena pada saat ini hampir 90% masyarakat memiliki smartphone

2. Identification of Scope

Hal selanjutnya yang dilakukan adalah mengidentifikasi batasan atau target yang akan dituju oleh aplikasi MokaPOS sendiri. Hal ini dilakukan agar hal hal yang terdapat di aplikasi MokaPOS sesuai dengan yang dibutuhkan oleh target. Dikarenakan aplikasi ini berfungsi untuk membantu para pelaku usaha kelas menengah kebawah agar usahanya tetap berjalan di segala kondisi, maka target untuk aplikasi ini adalah para pelaku usaha tersebut.

3. Identification of Deliverables

Selanjutnya, kita akan mengidentifikasi fitur apa yang akan ditambahkan oleh aplikasi ini. Setelah kita mendapatkan permasalahan yang biasanya dialami oleh pelaku usaha kelas menengah kebawah sebagai targetnya, tentu harus ada solusi atas permasalahan tersebut, solusi itu kita wujudkan dalam bentuk fitur di dalam aplikasi yang di desain pada awalnya adalah membantu para target. Hal hal tersebut seperti:

  • Perangkat lunak yang dibutuhkan dapat dijalankan dengan berbagai macam device yang hampir 90% masyarakat pada saat ini punya, yaitu mobile device seperti tablet atau smartphone.
  • Perangkat lunak yang dibutuhkan mempunyai UI & UX yang efisien dan familiar, agar dapat mudah digunakan oleh masyarakat yang diprediksi akan banyak sekali masyarakat yang intensitas waktu menggunakan device device tersebut sedikit
  • Perangkat lunak akan mempunyai fitur yang berintegrasi antara keuangan pengguna dengan barang barang yang disediakan oleh pelaku usaha

4. Identification of Project Stakeholders

Hal selanjutnya yang harus kita identifikasi adalah Project Stakeholder, yaitu siapa saja yang terlibat dalam project ini. Pada kasus MokaPOS sendiri, Stakeholder yang terlibat dalam project ini diantara lain adalah:

  • Pelaku/Pemilik UMKM (Target MokaPOS)
  • Karyawan UMKM (bila ada)
  • User MokaPOS
  • Pelanggan UMKM
  • Karyawan MokaPOS

5. Development Business Case

Hal terakhir adalah hasil yang diterima oleh user(target MokaPOS) dan owner dari aplikasi MokaPOS. Hasil ini di dapat setelah melalui berbagai identifikasi diatas dan hasil identifikasinya sesuai dengan apa yang direancang sebelumnya. Di dalam case ini, berikut adalah hasil yang mungkin didapat oleh 2 belah pihak:

  • Para pelaku usaha merasa terbantu oleh kehadiran aplikasi MokaPOS dan dapat melakukan kegiatan usahanya di dalam kondisi apapun baik online maupun offline
  • Para pelaku usaha juga dapat melakukan perekaman transaksi, sehingga mereka dapat mengetahui stock produk yang mereka perjualbelikan dan disisi yang lain mereka dapat mengetahui pemasukan mereka dan keduanya terhubung satu dengan yang lain
  • Pelaku usaha dari berbagai kalangan, karena aplikasi ini berbentuk web dan app mobile sehingga dengan mudah dapat diakses oleh siapapun



Comments

Popular posts from this blog

Hasil no 1 dan 2 Evaluasi Tengah Semester Pemrograman Berbasis Objek

 Assalamualaikum Wr. Wb.  Saat ini, saya mendapatkan penugasan untuk membuat rekayasa sistem penarikan uang sederhana di dalam ATM. Fitur yang akan saya masukan di dalam sistem ini ada fitur untuk login, fitur untuk menarik uang langsung tanpa memasukan jumlah nominalnya, menu utama dan penarikan dengan menyertakan nominal di dalamnya. Berikut adalah hasil dari diagram yang saya buat melalui BlueJ.   

ETS Rekayasa Kebutuhan

 Soal dan Jawaban Evaluasi Rekayasa Kebutuhan Jelaskan macam-macam kebutuhan yang harus digali di dalam membuat perangkat lunak Sesuai gambaran video buatlah BRD Pegadaian Digital Buatlah video youtube untuk mempresentasikan jawaban anda Jawaban ditulis disertai embedded video youtube di blog masing-masing dan buat koment pada posting berikut  Jawab: 1. Functional Requirement adalah penjelasan tentang layanan yang perlu disediakan oleh sistem, bagaimana sistem menerima dan mengolah masukan, dan bagaimana sistem mengatasi situasi-situasi tertentu. Selain itu juga secara jelas menentukan pengecualian tanggung jawab dikerjakan oleh sistem. Sementara Non-Functional Requirement berisi batasan-batasan pada pelayanan atau fungsi yang disediakan oleh sistem. Termasuk di dalamnya adalah batasan waktu, batasan proses pembangunan, standar-standar tertentu. Karena berkaitan dengan kebutuhan sistem secara keseluruhan, maka kegagalan memenuhi kebutuhan jenis ini berakibat pada sistem s...

Hasil ETS MPPL 2

 Aplikasi Pembelajaran Online Course "PintarCoding" Ricky Supriyanto (05111940000036) Zulfiqar Fauzul Akbar (05111940000101) Raihan Alifianto (05111940000213) Jadi pada kesempatan kali ini, kami ingin memjalankan proyek membuat suatu website online course yang berfungsi memperkenalkan lebih dalam kepada masyarakat tentang dunia IT. Walaupun mempunyai nama "PintarCoding" website ini direncanakan tidak serta merta berisi tentang pembelajaran yang mengarah ke IT, ada berbagai banyak hal hal yang dapat dipelajari walaupun peserta tidak memiliki minat di dunia IT. Terdapat pelajaran pelajaran yang terkait dengan desain - desain seperti UI UX, Adobe Photoshop, desain 3D dan masih banyak lagi. Berikut merupakan dokumen terkait dengan website yang ingin dibentuk   Selain itu di dalam dokumen ini terdapat Prototype dari aplikasi yang rencananya ingin kami buat, berikut merupakan prototypenya Lalu berikut merupakan WBS (Work Breakdown Structure) yaitu sebuah mind map atau bag...