Skip to main content

Penugasan 2 Pemrograman Berbasis Objek

 Assalamualaikum Wr. Wb. 

Setelah pada pertemuan sebelumnya ditayangkan review penggunaan smart TV mulai dari cara instalasi dan cara penggunaannya, berikut ini, saya akan menjabarkan hasil tugas saya, yaitu membuat abtraksi dan modularisasi aplikasi sederhana yang support dengan smart TV. 

Aplikasi yang akan saya jabarkan adalah sebuah aplikasi yang ditargetkan untuk para pencinta sepakbola agar dapat menonton setiap tayangan sepak bola dengan lebih mudah yaitu aplikasi streaming khusus sepakbola. Saya mempunyai ide untuk membuat ini karena kebanyakan dari streaming sepakbola terbagi menjadi dua kubu sesuai dengan kerjasama liga dan layanan streaming berbayarnya. Bila ada yang menyatu, streaming sepakbola pasti menjadi satu dengan acara tv yang lain yang pasti akan sangat sulit untuk mengetahui tim kesayangan anda bertanding atau tidak.


1. Abstraksi 

Pada bagian ini saya membuat desain sederhana untuk bagian halaman utama pada aplikasi, Terdapat navigation bar yang isinya ada Liga, Pertandingan Hari ini, Pertandingan Ulang, dan Akun. Di Liga sendiri, saya memberikan dropdown yang isinya adalah beberapa pilihan liga, mulai dari liga liga di berbagai macam negara di eropa dan kompetisi sepakbola terbesar di eropa yaitu UEFA Champions League dan UEFA Europe League. Di kolom ini, anda dapat mensorting pertandingan berdasarkan liganya. Bila anda ingin menonton liga inggris anda hanya menekan kolom English Premier League. Lalu ada pertandingan hari ini yang berfungsi untuk mensorting pertandingan berdasarkan waktu. Lalu dikolom ini juga akan ada pengaturan untuk menyalakan notifikasi bila tim anda bertanding pada hari ini. Pada kolom selanjutnya, terdapat pertandingan ulang yang berfungsi untuk melihat ulang pertandingan yang sudah selesai. Dan untuk Akun, berfungsi untuk mengatur seperti username pada aplikasi, data user dan kita dapat keluar dari akun kita. Berikut adalah desainya:




2. Modularisasi

Pada bagian ini saya membuat diagram class yang dibagi menjadi beberapa bagian class yang sesuai dengan bagian pada desain yang saya buat diatas, berikut ini adalah hasil diagramnya:

Berikut merupakan tugas yang sudah saya kerjakan, Apabila ada kekurangan dan kesalahan saya mohon maaf,

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 


Comments

Popular posts from this blog

Hasil no 1 dan 2 Evaluasi Tengah Semester Pemrograman Berbasis Objek

 Assalamualaikum Wr. Wb.  Saat ini, saya mendapatkan penugasan untuk membuat rekayasa sistem penarikan uang sederhana di dalam ATM. Fitur yang akan saya masukan di dalam sistem ini ada fitur untuk login, fitur untuk menarik uang langsung tanpa memasukan jumlah nominalnya, menu utama dan penarikan dengan menyertakan nominal di dalamnya. Berikut adalah hasil dari diagram yang saya buat melalui BlueJ.   

ETS Rekayasa Kebutuhan

 Soal dan Jawaban Evaluasi Rekayasa Kebutuhan Jelaskan macam-macam kebutuhan yang harus digali di dalam membuat perangkat lunak Sesuai gambaran video buatlah BRD Pegadaian Digital Buatlah video youtube untuk mempresentasikan jawaban anda Jawaban ditulis disertai embedded video youtube di blog masing-masing dan buat koment pada posting berikut  Jawab: 1. Functional Requirement adalah penjelasan tentang layanan yang perlu disediakan oleh sistem, bagaimana sistem menerima dan mengolah masukan, dan bagaimana sistem mengatasi situasi-situasi tertentu. Selain itu juga secara jelas menentukan pengecualian tanggung jawab dikerjakan oleh sistem. Sementara Non-Functional Requirement berisi batasan-batasan pada pelayanan atau fungsi yang disediakan oleh sistem. Termasuk di dalamnya adalah batasan waktu, batasan proses pembangunan, standar-standar tertentu. Karena berkaitan dengan kebutuhan sistem secara keseluruhan, maka kegagalan memenuhi kebutuhan jenis ini berakibat pada sistem s...

Hasil ETS MPPL 2

 Aplikasi Pembelajaran Online Course "PintarCoding" Ricky Supriyanto (05111940000036) Zulfiqar Fauzul Akbar (05111940000101) Raihan Alifianto (05111940000213) Jadi pada kesempatan kali ini, kami ingin memjalankan proyek membuat suatu website online course yang berfungsi memperkenalkan lebih dalam kepada masyarakat tentang dunia IT. Walaupun mempunyai nama "PintarCoding" website ini direncanakan tidak serta merta berisi tentang pembelajaran yang mengarah ke IT, ada berbagai banyak hal hal yang dapat dipelajari walaupun peserta tidak memiliki minat di dunia IT. Terdapat pelajaran pelajaran yang terkait dengan desain - desain seperti UI UX, Adobe Photoshop, desain 3D dan masih banyak lagi. Berikut merupakan dokumen terkait dengan website yang ingin dibentuk   Selain itu di dalam dokumen ini terdapat Prototype dari aplikasi yang rencananya ingin kami buat, berikut merupakan prototypenya Lalu berikut merupakan WBS (Work Breakdown Structure) yaitu sebuah mind map atau bag...