Skip to main content

Tugas 4 Rekayasa Kebutuhan

 Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas terkait dengan Elisitasi dalam suatu kasus aplikasi. Disini saya menggunakan aplikasi dari dokumen SKPL milik salah satu teman saya dan berikut adalah dokumennya:

Dokumen SKPL diatas adalah dokumen tentang pembuatan website yang bertujuan untuk pembuatan kue kue basah dan rencananya website ini dapat membantu para supplier kue kue tradisional untuk memperjualkan hasil dagangannya secara online. 

Karena kita akan membahas tentang elitasi, kita cari tahu terlebih dahulu apa itu elitasi. Elitasi adalah tahap pertama dari rekayasa perangkat lunak dimana di dalam kegiatan ini, praktisi perangkat lunak bekerja dengan stakeholder terkait serta pengguna akhir sistem untuk mencari tahu tentang nama domain aplikasi, layanan apa yang harus disediakan, kinerja sistem yang diperlukan, kendala perangkat keras, dan sebagainya. Elisitasi dan analisis kebutuhan dapa melibatkan berbagai jenis orang dalam suatu organisasi.

Lalu untuk webstore diatas, saya akan mencoba membedah elitasi dari dokumen diatas, berikut adalah perinciannya:

Stakeholder
Untuk di dalam aplikasi sendiri ada dua jenis role yaitu penjual dan pembeli, sedangkan untuk di dalam hanya terdapat admin yang memantau aktivitas jual beli dan membantu apabila dari penjual dan pembeli mengalami kesulitan dalam transaksi mereka.

Untuk tim pengembang dari website ini sendiri terdapat Project Manager yang akan memantau perkembangan dari project ini, lalu ada Developer, System Analyst dan System DevOps.

Tujuan
Tujuan dari adanya website ini untuk membantu para UMKM kecil yang masih menjual makanan makanan tradisional agar makanan yang mereka jual dapat terjual dengan kualitas yang masih bagus.

Kebutuhan
  • Menangani sistem penjualan booking bagi pembeli yang ingin membeli kue basah dalam jumlah tertentu dan waktu tertentu.
  • Suatu aplikasi melakukan penjualan kue basah dengan meminimalisir kerugian kue basah yang mudah basi
Pertanyaan Interview
  1. Menurut anda, bagaimana kinerja dan konsep dari website ini?
  2. Apakah website ini masih ada kendala?
  3. Kebutuhan apa yang ingin ditambahkan di website ini?
  4. Fitur apa saja yang dibutuhkan?

 





Comments

Popular posts from this blog

Hasil no 1 dan 2 Evaluasi Tengah Semester Pemrograman Berbasis Objek

 Assalamualaikum Wr. Wb.  Saat ini, saya mendapatkan penugasan untuk membuat rekayasa sistem penarikan uang sederhana di dalam ATM. Fitur yang akan saya masukan di dalam sistem ini ada fitur untuk login, fitur untuk menarik uang langsung tanpa memasukan jumlah nominalnya, menu utama dan penarikan dengan menyertakan nominal di dalamnya. Berikut adalah hasil dari diagram yang saya buat melalui BlueJ.   

ETS Rekayasa Kebutuhan

 Soal dan Jawaban Evaluasi Rekayasa Kebutuhan Jelaskan macam-macam kebutuhan yang harus digali di dalam membuat perangkat lunak Sesuai gambaran video buatlah BRD Pegadaian Digital Buatlah video youtube untuk mempresentasikan jawaban anda Jawaban ditulis disertai embedded video youtube di blog masing-masing dan buat koment pada posting berikut  Jawab: 1. Functional Requirement adalah penjelasan tentang layanan yang perlu disediakan oleh sistem, bagaimana sistem menerima dan mengolah masukan, dan bagaimana sistem mengatasi situasi-situasi tertentu. Selain itu juga secara jelas menentukan pengecualian tanggung jawab dikerjakan oleh sistem. Sementara Non-Functional Requirement berisi batasan-batasan pada pelayanan atau fungsi yang disediakan oleh sistem. Termasuk di dalamnya adalah batasan waktu, batasan proses pembangunan, standar-standar tertentu. Karena berkaitan dengan kebutuhan sistem secara keseluruhan, maka kegagalan memenuhi kebutuhan jenis ini berakibat pada sistem s...

Hasil ETS MPPL 2

 Aplikasi Pembelajaran Online Course "PintarCoding" Ricky Supriyanto (05111940000036) Zulfiqar Fauzul Akbar (05111940000101) Raihan Alifianto (05111940000213) Jadi pada kesempatan kali ini, kami ingin memjalankan proyek membuat suatu website online course yang berfungsi memperkenalkan lebih dalam kepada masyarakat tentang dunia IT. Walaupun mempunyai nama "PintarCoding" website ini direncanakan tidak serta merta berisi tentang pembelajaran yang mengarah ke IT, ada berbagai banyak hal hal yang dapat dipelajari walaupun peserta tidak memiliki minat di dunia IT. Terdapat pelajaran pelajaran yang terkait dengan desain - desain seperti UI UX, Adobe Photoshop, desain 3D dan masih banyak lagi. Berikut merupakan dokumen terkait dengan website yang ingin dibentuk   Selain itu di dalam dokumen ini terdapat Prototype dari aplikasi yang rencananya ingin kami buat, berikut merupakan prototypenya Lalu berikut merupakan WBS (Work Breakdown Structure) yaitu sebuah mind map atau bag...