Skip to main content

Penugasan 1 Pemrograman Berbasis Objek

 Assalamualaikum Wr. Wb. 

Berikut merupakan hasil dari tugas pemrograman dari Buku "Java How to Program" dan tugas yang bapak berikan yang source code dan hasilnya akan saya tampilkan seperti berikut. 

Buku "Java How to Program"

8.1. Introduction

Pada bab pertama ini saya akan menampilkan sebuah fungsi yang akan mendeklarasikan class waktu tanpa adanya output dengan penjelasan sebagai berikut 

8.2. Time Class Case Study

Pada poin kedua ini saya akan menampilkan sebuah fungsi yang akan melaksanakan fungsi yang sudah di deklarasikan pada bab 8.1 beserta penjelasannya sebagai berikut

Outputnya:
8.3. Controlling Access to Members

Pada poin ketiga ini saya akan mencoba mengkoreksi apakah variable private dari suatu class dapat digunakan diluar classnya dan berikut akan saya jelaskan mengapa tidak bisa

8.4.Referring to the Current Object's members with the this Reference

Pada poin keempat ini saya akan membuat fungsi yang lebih sederhana yang berfungsi mencetak berbagai komponen waktu secara lebih sederhana dan berikut adalah hasilnya

Outputnya:
8.5. Time Class Study Overload Contruction

Pada poin kelima ini sebenarnya mengulang apa yang dilakukan pada poin ke 1 dan ke 2. Namun pada fungsi ini menyediakan cara untuk memasukan waktu yang ingin diubah dengan lebih sederhana yang memudahkan user. Selain itu, di poin ini terdapat juga fungsi untuk mengkoreksi apakah inputan waktunya melebihi batas. Berikut adalah penjelasan kodenya 

8.6. Default and No-Argument Constructor

Pada poin keenam ini kita akan menampilkan hasil hasil output dari poin kelima dan berikut hasil kode dan hasil outputnya
Outputnya:


Tugas (Menkonversikan Mata Uang)

Saya akan mengkonversikan uang dari IDR (Indonesian Rupiah) ke USD (United State Dollar) dengan menggunakan input yang dapat kita input sendiri. Disini saya menggunakan import.java.Scanner untuk mendapatkan kode java agar kita dapat input. Dengan menggunakan tipe data double karena untuk menghindari adanya problem bila menggunakan interger saat di bagi dengan 14,000. Dan berikut merupakan kode dan hasil outputnya.

Outputnya:

Berikut merupakan tugas yang sudah saya kerjakan, Apabila ada kekurangan dan kesalahan saya mohon maaf,

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Comments

Popular posts from this blog

Tugas 1 Manajemen Proyek Perangkat Lunak

 Haloo.. Pada kesempatan kali ini saya akan mendaftar disalah satu akun freelance yang berguna untuk mencari informasi terkait dengan proyek - proyek yang akan dilaksanakan. Step pertama yang harus dilakukan adalah masuk website project.co.id sebagai penyedia lowongan pekerjaan bagi para freelance untuk mendapatkan pekerjaan sementara.  Lalu setelah saya mencari detail proyekan yang tersedia di project.co.id, saya memilih proyek fullstack yang hampir memenuhi kriteria skill yang saya miliki Skill yang dibutuhkan: 1. HTML, CSS, JS (Bisa) 2. PHP, Laravel, CI (Belum menguasai CI) 3. MYSQL (Bisa) 4. Github (Bisa) Sekian pemaparan untuk tugas MPPL saya, terima kasih atas perhatiannya  

Tugas 9 Rekayasa Kebutuhan

RML Modelling Loket.com Deskripsi Aplikasi Loket.com adalah perusahaan penyedia layanan pengelolaan tiket yang telah berpengalaman menangani dan membantu ribuan perusahaan maupun promotor dalam penyelenggaraan event berskala besar seperti konser musik, seminar, work shop, olahraga, dan lain - lain.  Beberapa layanan yang disediakan oleh Loket.com dalam memfasilitasi penyelenggara event di dalam setiap tahap persiapan adalah sebagai berikut : Berperan sebagai distributor dalam penjualan tiket untuk setiap penyelenggara event yang bekerja sama dengan Loket.com Menyediakan sistem pembayaran yang beragam dan aman serta berkomitmen memberikan kemudahan kepada calon pembeli untuk mendapatkan konversi yang lebih tinggi. Menyediakan Gate Management yang aman dan nyaman sebagai akses pada saat event berlangsung untuk mencegah terjadinya masalah dengan jumlah pengunjung yang besar. Memiliki sistem analisis data yang lengkap dan komprehensif untuk mempermudah penyelenggara event dalam menentu...

Penugasan 2 Pemrograman Berbasis Objek

  Assalamualaikum Wr. Wb.  Setelah pada pertemuan sebelumnya ditayangkan review penggunaan smart TV mulai dari cara instalasi dan cara penggunaannya, berikut ini, saya akan menjabarkan hasil tugas saya, yaitu membuat abtraksi dan modularisasi aplikasi sederhana yang support dengan smart TV.  Aplikasi yang akan saya jabarkan adalah sebuah aplikasi yang ditargetkan untuk para pencinta sepakbola agar dapat menonton setiap tayangan sepak bola dengan lebih mudah yaitu aplikasi streaming khusus sepakbola. Saya mempunyai ide untuk membuat ini karena kebanyakan dari streaming sepakbola terbagi menjadi dua kubu sesuai dengan kerjasama liga dan layanan streaming berbayarnya. Bila ada yang menyatu, streaming sepakbola pasti menjadi satu dengan acara tv yang lain yang pasti akan sangat sulit untuk mengetahui tim kesayangan anda bertanding atau tidak. 1. Abstraksi  Pada bagian ini saya membuat desain sederhana untuk bagian halaman utama pada aplikasi, Terdapat navigation bar yang...