Skip to main content

Penugasan 1 Pemrograman Berbasis Objek

 Assalamualaikum Wr. Wb. 

Berikut merupakan hasil dari tugas pemrograman dari Buku "Java How to Program" dan tugas yang bapak berikan yang source code dan hasilnya akan saya tampilkan seperti berikut. 

Buku "Java How to Program"

8.1. Introduction

Pada bab pertama ini saya akan menampilkan sebuah fungsi yang akan mendeklarasikan class waktu tanpa adanya output dengan penjelasan sebagai berikut 

8.2. Time Class Case Study

Pada poin kedua ini saya akan menampilkan sebuah fungsi yang akan melaksanakan fungsi yang sudah di deklarasikan pada bab 8.1 beserta penjelasannya sebagai berikut

Outputnya:
8.3. Controlling Access to Members

Pada poin ketiga ini saya akan mencoba mengkoreksi apakah variable private dari suatu class dapat digunakan diluar classnya dan berikut akan saya jelaskan mengapa tidak bisa

8.4.Referring to the Current Object's members with the this Reference

Pada poin keempat ini saya akan membuat fungsi yang lebih sederhana yang berfungsi mencetak berbagai komponen waktu secara lebih sederhana dan berikut adalah hasilnya

Outputnya:
8.5. Time Class Study Overload Contruction

Pada poin kelima ini sebenarnya mengulang apa yang dilakukan pada poin ke 1 dan ke 2. Namun pada fungsi ini menyediakan cara untuk memasukan waktu yang ingin diubah dengan lebih sederhana yang memudahkan user. Selain itu, di poin ini terdapat juga fungsi untuk mengkoreksi apakah inputan waktunya melebihi batas. Berikut adalah penjelasan kodenya 

8.6. Default and No-Argument Constructor

Pada poin keenam ini kita akan menampilkan hasil hasil output dari poin kelima dan berikut hasil kode dan hasil outputnya
Outputnya:


Tugas (Menkonversikan Mata Uang)

Saya akan mengkonversikan uang dari IDR (Indonesian Rupiah) ke USD (United State Dollar) dengan menggunakan input yang dapat kita input sendiri. Disini saya menggunakan import.java.Scanner untuk mendapatkan kode java agar kita dapat input. Dengan menggunakan tipe data double karena untuk menghindari adanya problem bila menggunakan interger saat di bagi dengan 14,000. Dan berikut merupakan kode dan hasil outputnya.

Outputnya:

Berikut merupakan tugas yang sudah saya kerjakan, Apabila ada kekurangan dan kesalahan saya mohon maaf,

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Comments

Popular posts from this blog

Hasil no 1 dan 2 Evaluasi Tengah Semester Pemrograman Berbasis Objek

 Assalamualaikum Wr. Wb.  Saat ini, saya mendapatkan penugasan untuk membuat rekayasa sistem penarikan uang sederhana di dalam ATM. Fitur yang akan saya masukan di dalam sistem ini ada fitur untuk login, fitur untuk menarik uang langsung tanpa memasukan jumlah nominalnya, menu utama dan penarikan dengan menyertakan nominal di dalamnya. Berikut adalah hasil dari diagram yang saya buat melalui BlueJ.   

ETS Rekayasa Kebutuhan

 Soal dan Jawaban Evaluasi Rekayasa Kebutuhan Jelaskan macam-macam kebutuhan yang harus digali di dalam membuat perangkat lunak Sesuai gambaran video buatlah BRD Pegadaian Digital Buatlah video youtube untuk mempresentasikan jawaban anda Jawaban ditulis disertai embedded video youtube di blog masing-masing dan buat koment pada posting berikut  Jawab: 1. Functional Requirement adalah penjelasan tentang layanan yang perlu disediakan oleh sistem, bagaimana sistem menerima dan mengolah masukan, dan bagaimana sistem mengatasi situasi-situasi tertentu. Selain itu juga secara jelas menentukan pengecualian tanggung jawab dikerjakan oleh sistem. Sementara Non-Functional Requirement berisi batasan-batasan pada pelayanan atau fungsi yang disediakan oleh sistem. Termasuk di dalamnya adalah batasan waktu, batasan proses pembangunan, standar-standar tertentu. Karena berkaitan dengan kebutuhan sistem secara keseluruhan, maka kegagalan memenuhi kebutuhan jenis ini berakibat pada sistem s...

Hasil ETS MPPL 2

 Aplikasi Pembelajaran Online Course "PintarCoding" Ricky Supriyanto (05111940000036) Zulfiqar Fauzul Akbar (05111940000101) Raihan Alifianto (05111940000213) Jadi pada kesempatan kali ini, kami ingin memjalankan proyek membuat suatu website online course yang berfungsi memperkenalkan lebih dalam kepada masyarakat tentang dunia IT. Walaupun mempunyai nama "PintarCoding" website ini direncanakan tidak serta merta berisi tentang pembelajaran yang mengarah ke IT, ada berbagai banyak hal hal yang dapat dipelajari walaupun peserta tidak memiliki minat di dunia IT. Terdapat pelajaran pelajaran yang terkait dengan desain - desain seperti UI UX, Adobe Photoshop, desain 3D dan masih banyak lagi. Berikut merupakan dokumen terkait dengan website yang ingin dibentuk   Selain itu di dalam dokumen ini terdapat Prototype dari aplikasi yang rencananya ingin kami buat, berikut merupakan prototypenya Lalu berikut merupakan WBS (Work Breakdown Structure) yaitu sebuah mind map atau bag...